Senin, 09 November 2015

Bahaya Tidur Setelah Makan

Apa Sih Bahaya Tidur Setelah Makan

Bahaya Tidur Setelah Makan - Sudah menjadi penomena jika setelah makan kita akan merasakan ngantuk namun tak lantas itu harus di sertai dengan tidur karena ada beberapa hal yang memang berbahaya jika kita melakukan tidur setelah makan.

Penyebab rasa ngantuk setelah makan.

Sebenarnya rasa kantuk yang terjadi setelah makan merupakan hal yang wajar, kenapa demikian rasa kantuk yang datang pada diri kita disebabkan oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kita konsumsi tersebut. Makanan yang biasa kita konsumsi ketika sedang makan rata-rata menggunakan nasi sedangkan nasi itu sediri mengandung glukosa yang bisa menghambat kerja sel-sel neuron

Kadar glukosa dalam jumlah yang tidak sedikit di dalam tubuh kita dapat  menyebabkan rasa kantuk yang begitu hebat. Glukosa dapat pula menghentikan sinyal-sinyal aktif ke otak dan ternyata juga mampu menutup neuron-neuron penghasil protein mikro yang menjaga kesadaran tubuh manusia, demikian hasil sebuah penelitian yang pernah di lakukan di Inggis

Nah inilah yang menjadi penyebab utama mengapa setelah aktifitas makan selesai cenderng menjadi malas ngatuk dan akhirnya ingin tidur mulu. Akan tetapi sebaiknya rasa kantuk ini tidak diikuti dengan tidur. Karena, tidur setelah makan dapat mengakibatkan tubuh menjadi tidak akan mampu mencerna makanan dengan baik dan sempurna yanh mengakibatkan zat-zat gizi yang ada  juga tidak bisa terserap tubuh dengan baik. Selebihnya fungsi makanan yang seharusnya digunakan sebagai penghasil energi juga tidak mampu terlaksana

Dari keadaan inilah maka akan sangat berbahaya dan akan menimbulakn berbagai masalah jika melakukan tidur selepas makan, 

Berikut Bahaya Tidur Setelah Makan


Obesitas

Bahaya tidur setelah makan yang pertama adalah obesitas, ini bukan hanya sekedar menambah berat badan loh yah. Obesitas disini dapat membuat anda melar berkali kali lipat. Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Obat pelangsing alami

Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian – bagian pembuluh darah anda. hal ini akan meningkatkan resiko anda dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor – faktor lainnya. Penumpukan lemak tersebut dapat terjadi karena kebiasaan buruk dalam makan sebelum tidur, yang membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar. Serangan jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. untuk mengatasinya Silahkan Baca : Obat jantung koroner terbaik

Diabetes

Diabetes merupakan efek domino dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan . Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh anda.

Maag / Asam lambung tinggi

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan anda. hal ini disebabkan ketika anda langsung berbaring dan berusaha untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

Ketika anda mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung anda akan keluar dan bekerja, namun ketika anda langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan anda. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan anda ketika anda bangun pada pagi hari keesokan harinya. sehinnga ini tidak baik untuk lambung dan bisa mengakibatkan maag kronis dan asam lambung tinggi

Tips Mengatur Pola Makan

Makan sebelum tidur memang cukup dianjurkan. Namun bagi anda yang memang ternyata merasakan lapar sebelum tidur, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Makanan yang mengandung serat dan protein tinggi akan membantu anda menahan lapar dan meberikan nutrisi yang tidak akan menumpuk menjadi lemak. Contoh makanan yang baik dikonsumsi :


  • Buah – buahan. Sama seperti sayuran, buah – buahan juga memiliki kandungan serat yang tinggi, dan dapat membantu proses pencernaan pada tubuh anda ketika sedang tidur.
  • Sayur – sayuran. Sayur – sayuran memeiliki kandungan nutrisi dan serat yang tinggi, sehingga akan membantu proses pencernaan pada saat anda tidur, sehingga dapat meminimalisir penumpukan kalori menjadi lemak pada tubuh anda.
  • Susu Skim rendah lemak. Susu skim rendah lemak memiliki kandungan protein tinggi, dan mampu membuat anda menjadi lebih kenyang, sehingga tidak perlu menumpuk kalori terlalu banyak.
  • Oatmeal. Oatmeal memiliki kandungan serat tinggi, rendah kalori dan membantu anda menjadi lebih kenyang. Makanlah oatmeal agar rasa lapar anda dapat hilang tanpa adanya penumpukan kalori yang berlebihan. Obat batu ginjal alami

Ada baiknya mengatur jadwal makan dan tidur anda

  • Pada siang hari, minimal 2 jam setelah makan
  • Malam hari, Minimal 4 jam setelah makan baru boleh tidur. Bahaya makan malam hari jauh lebih besar karena porsi tidurnya lebih banyak


Itulah beberapa bahaya tidur setelah makan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua amiien

Bahaya Tidur Setelah Makan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar