Selasa, 29 September 2015

Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Cara mengetahui gejala kanker payudara » Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara dan merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya karena merupakan kanker pembunuh no 1 wanita diindonesia, Hal ini dikatakan dokter onkologi RSPAD Gatot Soebroto, dr Saptadi Setia Basuki Sp.B Onk.

Kanker payudara ini umumnya menyerang wanita di atas 30tahunan tetapi tidak menutup kemungkinan di usia muda juga bisa terserang, berikut beberapa faktor resiko seseorang bisa terkena kanker payudara :
  • Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
  • Kehamilan pertama terjadi setelah berumur 30 tahun.
  • Wanita yang belum pernah hamil dan melahirkan.
  • Mendapat menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun.
  • Pemakaian pil KB atau terapi sulih estrogen.
  • Obesitas pasca menopause dan pemakaian alkohol.


Perlu diingat bahwa faktor-faktor yang disebutkan di atas tidaklah selalu dapat memicu serangan kanker payudara, namun seringkali riwayat hidup seseorang yang terkena kanker payudara berhubungan dengan faktor-faktor tersebut.

Biasanya penyakit ini tanpa ada gejala, ini di lihat dari beberapa pasien yang memeriksakan kondisinya setelah ada rasa sakit atau ada perubahan pada payudara mereka, tentu saja jika sudah ada perubahan pada payudara anda atau rasa sakit yang di dimbulkan itu sudah termasuk dalam kanker payudara stadium 2 atau 3, Untuk itu bagi kaum muda atau siapa saja mesti tau Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara sehingga sehingga pemeriksaan dini bisa di lakukan

Semakin cepat memeriksakan diri, maka proses pengobatan bisa sesegera mungkin dilakukan. Penderita kanker stadium awal memiliki kesempatan hidup 100 persen pada lima tahun kehidupan berikutnya. 

Sedangkan kanker stadium dua memiliki daya survival 70 sampai 80 persen. Stadium tiga dan empat memiliki daya hidup paling kecil, yaitu 40 dan 20 persen. Sehingga makin cepat diperiksa, kesempatan hidup juga lebih besar.

Berikut Adalah Beberapa Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara


Untuk mmelihat tanda atau gejala adanya kanker payudara anda bis perhatikan beberapa poin berikut ini :
  • Benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran
  • Kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
  • Puting susu masuk ke dalam (retraksi)
  • Salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
  • Bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
  • Kulit payudara terasa seperti terbakar
  • Payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui


Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

Nah untuk mengetahui ada benjolan kanker pada payudara anda bisa memriksakannya ke dokter atau bisa dilakukan sendiri di rumah, berikut Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara dengan cara manual

Berdiri di depan cermin sambil kedua tangan diletakkan di sisi tubuh.
Angkat kedua lengan dan amati dengan seksama kulit di payudara apakah ada kerutan, lekukan, perubahan ukuran atau bentuk.

Lihat apakah ada perubahan bentuk simetri pada kedua payudara. Amati juga apakah puting susu masuk ke dalam atau ada cairan aneh yang keluar dari puting. Sekarang letakkan kedua tangan di samping pingul lalu amati payudara anda. Setelah itu letakkan kedua tangan di belakang kepala dan lakukan hal serupa.

Periksa kedua payudara sambil berdiri di bawah shower ketika mandi. Lakukan hal yang serupa pada saat berbaring.

Taruh satu tangan di belakang kepala, sementara tangan yang satu melakukan gerak pijatan memutar searah jarum jam di daerah jaringan payudara, puting, dan jaringan di bawah ketiak.

Ulangi cara ini pada payudara yang sebelah. Bila Anda melakukannya saat mandi, sabun dan air membuat kulit licin hingga mampermudah pemeriksaan.

Periksa apakah ada benjolan yang tidak lenyap atau tidak berubah. Benjolan yang abnormal bisa muncul tiba-tiba dan menetap.

Benjolan ini berbeda-beda bentuk dan kekerasannya dan kadang terasa keras dengan tepi yang tidak teratur.

Kadang benjolan itu berupa penebalan jaringan tanpa garis batas yang jelas. Ingat, benjolan kanker biasanya tidak terasa sakit.

Setiap bulan lakukan pemeriksaan sendiri terhadap payudara agar bila ada benjolan baru bisa segera diketahui.

  • Bila Anda sudah menopause lakukan pemeriksaan payudara pada tanggal yang sama setiap bulan.
  • Bila Anda belum menopause, waktu terbaik untuk untuk memeriksa payudara 7-10 hari setelah terakhir haid. Benjolan kanker payudara biasannya tidak sakit.
  • Amati dan raba payudara Anda apakah ada benjolan atau pembengkakan. Bila ada yang tidak beres, segera ke dokter.

American Cancer Society menganjurkan perempuan menjalani pemeriksaan klinis payudara sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin, setiap tiga tahun sekali untuk perempuan berusia 20-39 tahun dan setiap tahun untuk perempuan di atas 40 tahun.

Dan untuk pengobatan secara alami kami merekomendasikan ramuan herbal ace maxs yang terbuat dari pepaduan kulit manggis dan daun sirsak, dimana dalam bebagai penelitian kedua bahan ini memiliki anti kanker yang sangat kuat, bahkan 10.000x lebih kuat dan lebih aman di banding kemoterapi. baca juga orang yang sembuh dari miom dan kista


Temukan kami di facebook dan twitter :)

Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar